Lady Gaga

Posted on Mei 27, 2011. Filed under: Profil Vokalis | Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , |


Stefani Joanne Angelina Germanotta lahir 28 Maret 1986; umur 25 tahun; lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga, adalah penyanyi pop Amerika. Dia mulai tampil dalam kancah musik rock dari New York City Lower East Side pada tahun 2003 dan terdaftar di New York University’s Tisch School of the Arts. Dia lalu menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah jejak Interscope Records. Selama waktu awal dia di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menangkap perhatian Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan memasukkan Gaga ke label milik Akon, Kon Live Distribusion.

Dirilis pada 19 Agustus 2008, album debutnya The Fame, mencapai nomor satu di Inggris, Kanada, Austria, Jerman dan Irlandia serta mencapai dalam top-10 di tangga berbagai negara di seluruh dunia; di Amerika Serikat, The Fame mencapai nomor dua di chart Billboard 200 dan menduduki puncak Billboard’s Dance / Electronic Album chart. Dua single pertamanya, “Just Dance” dan “Poker Face”, yang ditulis dan di-co-produksi dengan RedOne, menduduki nomor satu di chart berbagai negara, seperti Billboard Hot 100 di Amerika Serikat serta negara-negara lain. Albumnya yang kemudian meraih total enam nominasi Grammy Award, memenangkan penghargaan untuk Best Electronic / Dance Album dan Best Dance Recording untuk “Poker Face”. Pada awal 2009, ia memulai tur pertama, The Fame Ball Tour. Pada kuartal keempat tahun ini, ia telah merilis EP, The Fame Monster, bersama dengan single hitnya “Bad Romance”, serta Gaga memulai tur kedua tahun ini, The Monster Ball Tour . Album kedua-nya, Born This Way, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2011.

Lady Gaga

Lady Gaga terinspirasi oleh seniman glam rock seperti David Bowie dan Queen, serta penyanyi pop seperti Madonna dan Michael Jackson. Dia juga menyatakan fashion adalah sumber inspirasi bagi lagu dan pertunjukan. Gaga menduduki peringkat ke-73 Artis Dekade 2000-10 Billboard. Pada Agustus 2010, Gaga telah menjual lebih dari 15 juta album dan 51 juta single di seluruh dunia. Kedua majalah Time dan Forbes memasukkan Gaga dalam daftar tahunan “Orang-orang Paling Berpengaruh di Dunia” dan “100 Most Powerful and Influential celebrities in the world”,[3][4] Forbes juga menempatkan dirinya di nomor tujuh dalam daftar tahunan “100 Perempuan Terkuat Dunia.”

Kehidupan dan karier

1986–2004: Kehidupan awal

Lady Gaga lahir dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta, dari keluarga Amerika Italia, di New York City pada tanggal 28 Maret 1986,sebagai putri sulung Joseph Germanotta, seorang wiraswasta internet, dan Cynthia (née Bissett).Ia belajar bermain piano dari umur empat tahun, dan menulis lagu piano pertamanya pada usia 13 tahun dan tampil pada open mike pada umur 14 tahun.  Gaga dibesarkan dalam lingkungan Katolik Roma.Pada umur 11, Gaga masuk ke dalam Convent of the Sacred Heart, sekolah Katolik khusus perempuan di Manhattan.Gaga menekankan bahwa ia tidak berasal dari keluarga yang kaya, dengan menyatakan bahwa orang tuanya “berasal dari keluarga kelas bawah, sehingga kami berjuang untuk semua – ibuku bekerja dari jam delapan pagi sampai delapan malam di luar rumah, dalam bidang telekomunikasi, dan begitu pula ayahku.”

Sebagai seorang aktor yang penuh hasrat di musikal SMA, Gaga berperan sebagai tokoh utama (Adelaide) dalam Guys and Dolls, dan Philia dalam A Funny Thing Happened on the Way to the Forum.[13] Ia menggambarkan kehidupan akademiknya di sekolah yang “sangat berbakti, rajin, disiplin”, tetapi juga “sedikit tidak aman” seperti yang diujarkannya dalam sebuah wawancara, “Aku terbiasa dijadikan bulan-bulanan karena terlalu provokatif atau eksentrik.”

Lady Gaga

2005 – 07: Awal karir

Gaga menanda tangani kontrak dengan Def Jam Recordings pada umur 19 tahun, walaupun ia kemudian dikeluarkan oleh label setelah tiga bulan. Tak lama kemudian, mantan perusahaan manajemennya memperkenalkan ia dengan penulis lagu dan produser RedOne, yang juga diatur oleh mereka. Lagu pertama yang diproduksinya bersama dengan RedOne adalah “Boys Boys Boys”, lagu ini terinspirasi dari lagu “Girls, Girls, Girls” karya Mötley Crüe dan lagu “T.N.T.” karya AC/DC. Gaga pindah ke sebuah apartemen di Lower East Side dan merekam beberapa lagu bersama penyanyi hip-hop Grandmaster Melle Mel untuk buku audio sebagai pelengkap buku anak – anak The Portal in the Park oleh Cricket Casey. Ia juga merintis Stefani Germanotta Band bersama dengan beberapa temannya dari NYU. Rekaman mereka dilakukan disebuah studio yang berada dibawah toko anggur yang terletak di New Jersey. (wikipedia-dbs)

Diskografi

Tahun Album Singel Cover Cover Lain
2008 The Fame
  • Just Dance
  • Dance in the Dark
  • Poker Face
  • Eh, Eh (Nothing Else I Can Say)
  • LoveGame
  • Paparazzi
Album Cover-The Fame.jpg LadyGagaJustDance.jpg
2009 The Fame Monster
  • Bad Romance
  • Telephone
  • Video Phone
  • Alejandro
TheFameMonsterStandard.jpg Telephone-LadyGaga.jpg
2011 Born This Way
  • Born This Way
  • Judas
  • The Edge of Glory
BornThisWay.png Bornthisway.jpg

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: